Saturday 5 November 2016

Sobat, seperti sudah sering kita bahas dan secara populer kita ketahui bahwa 2 cara yang bisa menjadi dasar dari parkit jinak yaitu pertama parkit lolohan, yang kedua parkit jinak setelah dewasa.

Menjinakkan parkit dewasa sudah pernah dibahas pada blog ini, sekarang kita coba bahas tentang parkit lolohan. Parkit lolohan adalah parkit hasil dari ternakan, biasanya owner memang sudah menyiapkan parkit indukan untuk diambil anakannya sebagai parkit lolohan.

Anakan parkit yang sudah siap di bantu loloh adalah anakan parkit diusia 1 sd 2 minggu. Bagi pemula, usia 2 minggu dianggap lebih aman karena anakan parkit sudah dianggap lebih kuat secara fisik.

Makanan lolohan bisa dibeli secara khusus, karena memang ada pakai khusus lolohan. Atau, bisa juga meraciknya sendiri dengan cara bleder jagung muda dan biji kacang hijau, dan mencampurnya dengan air hangat. Adonan diaduk, usahakan tidak terlalu kental tapi juga tidak terlalu cair. Berikan kepada anakan parkit menggunakan spet atau suntikan.

Lakukan proses meloloh secara bertahap, biarkan parkit melakukan adaptasi. Hingga akhirnya, parkit tau setiap melihat kita, dia akan meminta makan dengan berteriak mengganggap kita adalah induknya. Proses inilah yang menjadikan parkit semakin jinak.

Parkit lolohan ini menarik secara bisnis karena usia relatif lebih muda ketika panen, dan harganya lebih mahal dibanding yang sudah dewasa.

Kisaran harga parkit lolohan di Jakarta kisaran 100 sd 150 ribu. Parkit lolohan  lebih mudah dijinakkan, apalagi untuk trik free fly, mantab!

Demikian artikel tentang cara meloloh parkit anakan, semoga bermanfaat.

Parkit Jinak Otista
Sumber gambar : http://www.birdcrazyresort.com/gallery.html

1 comments: